Blogger Templates

Jumat, 22 Oktober 2010

(Pengantar Teknologi Informasi)

Kurna Rizky NY – Tehnik Informatika
1. Apa yang di maksud TI dan sebutkan manfaat dari TI?
Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya (http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi).
Teknologi informasi adaah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penympanan, dan penyebran informasi (Eka Suswaini ST, MT).
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (http://teknik-informatika.com/teknologi-informasi)
Dari ke tiga pengertian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwasannya TI (Teknologi Informsi) adalah seperangkat alat yang saling berkerja sama dalam melakukan tugas-tugas dalam pemrosesan informasi, penyimpanan infomasi, dan dalam penyebaran informasi.
Manfaat teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
 Dapat mendorong ekonomi atau meningkatkan roda perekonomian.
Contoh : teknologi informasi dapat mendorong usaha kecil dan menengah di pedesaan, agar dapat mendapatkan nilai lebih, serta menggerakan roda perekonomian desa. Cobalah rasakan manfaatnya jika penduduk desa dapat mencari informasi terbaru mengenai benih padi unggul, bibit unggul tanaman budidaya lainnya atau informasi komoditas hortikultura unggulan. Begitu juga dengan para peternak yang dapat mengetahui tentang primadona produk unggulan peternakan. Tentunya bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.
 Meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang pendidikan.
Contoh : Untuk e-education, kita sudah mengenal program Internet Goes to School, Community Access Point, e-Learning, Smart Campus dan generasi Baru Guru Indonesia, yang dilansir salah satu operator terbesar di Tanah Air sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak khususnya Indonesia (http://www.teknologinet.com/2008/09/manfaat-teknologi-informasi-dalam-kehidupan-manusia.html)
 Mempermudah dan mempercepat proses komunikasi
 Mempermudah dan mempercepat proses transaksi dalam bidang Perbankan
 Efisien dan efektif dalam masalah perdagangan.
Contoh : bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet
 Memudahkan, mempercepat, dan memperlancar urusan dalam bidang Manajemen dan Bisnis.
Contoh : penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan (http://mrstefz94.wordpress.com/2009/05/23/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/).
 Mempermudah praktek dalam bidang kesehatan
Contoh : Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

2. Sebutkan manfaat atau fungsi gambar dalam hardware/perangkat keras!
 Processor (otak computer)
 Processor berfungsi sebagai "otak" dan "Badan" dari sistem komputer yang bertugas memproses instruksi program, menghubungkan serta mengatur lalulintas data pada seluruh sistem.
 DRAM (Dynamic RAM)
 Dynamic RAM berfungsi untuk menyimpan data. Dynamic RAM hanya dapat menyimpan data apabila ada tenaga (power) yang diberikan padanya (refresh). Apabila tenaganya hilang, maka data yang dismpan juga akan hilang dengan sendirinya.


 SRAM (Static RAM)
 Static RAM sama halnya dengan Dynamic RAM yaitu berfungs untuk menyimpan data. Tetapi, dta yang di simpan dalam SRAM bersifat static, sehingga selama di aliri power listrik maka data akan tetap utuh.
 EDORAM (Extended data out room)
 EDORAM berfungsi sebagi penyimpanan primer sama halnya dengan fungsi RAM. Akan tetapi, EDORAM mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data.
 SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
 SDRAM memiliki manfaat yaitu mengases data atau informasi lebih cepat dari EDORAM.
 PROM (Programmable Read Only Memory)
 PROM atau Programmable Read Only Memory memiliki fungsi sebagai memori yang hanya dapat ditulis. Salah satu program yang telah ditulis dalam PROM maka akan selamanya dalam PROM tersebut.
 EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
 EPROM atau Erasable Programmable Read Only Memory memiliki fungsi sebagai memori yang dapat ditulisi program secara elektris. Program atau informasi yang tersimpan di dalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet dan dapat ditulisi kembali.
 EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
 EEPROM atau Electrically Erasable Programmable Read Only Memory memiliki fungsi sebagai memori tidak-terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan, seperti tabel kalibrasi atau kofigurasi perangkat.
 SIMM (Single in line memory module)
 SIMM atau Single in line memory module berfungsi sebagai media penyimpanan yang dimaksudkan dalam penomoran pin. Pin-pin tersebut memilki nomor yang sama. Artinya kedua pin itu sekuen proses yang sama.
 DIMM (Dual in line memory module)
 DIMM atau Dual in line memory module berfungsi sebagai media penyimpanan yang di maksudkan dalam penomoran pin juga. Akan tetapi, DIMM memiliki dua sisi dan kedua buah sisi itu menjalankan ekuens proses masing-masing. Namun, masih mendukung proses utama yang sama.


 Cache Memory
 Fungsi memori cache untuk menyimpan instruksi yang berulang kali diperlukan dan dapat diakses sangat cepat untuk menjalankan program, memperbaiki sistem secara keseluruhan.
 Video Memory
 Fungsi video memory untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis.

 Flash Memory
 Fungsi Flash memory untuk penyimpanan data Software MCU (Micro Controlled Unit) dan Software DSP (Digital Signal Processor) yang merupakan OS (Operating System) pada ponsel yang biasa disebut (Firmware).
 Magnetic storage
 Magnetic storage berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang berbentuk piringan.
 Keyboard
 Keyboard atau dalam bahasa Indonesia nya di sebut papan ketik berfungsi sebagai alat atau peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
 Mouse
 Mouse atau di kenal dengan Tetikus berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik.
 Trackball
 Trackball atau bola jejak memiliki fungsi sebagai alat atau peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan.
 Joy Stick
 Joy stick atau tuas control berfungsi sebagai alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
 Terminal
 Terminal adalah suatu alat atau piranti yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan computer atau suatu alat yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain yang hanya terdiri dari monitor dan keyboard.


 Barcode Reader
 Barcode reader berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Kode barcode biasanya seperti pada pasta gigi, sabun, pada makanan-makanan ringan, dll.
 Hand Print Reader
 Hand Print Reader berfungsi sebagai alat yang dapat mencetak dan memindai gambar tangan.
 Image Scanner
 Image scanner berfungfsi sebagai alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
 Visual Display atau Monitor
 Visual Display atau Monitor berfungsi sebagai alat output hasil dari pemerosesan yang berupa gambar.
 Printer
 Pinter berfungsi sebagai alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.
 Plotters
 Plotters berfungsi sebagai alat yang di gunakan untuk melakukan pencetakan grafik vektor.
 Computer Output Microfilm (COM)
 Computer output microfilm (COM) berfungsi sebagai peralatan yang dapat menghasilkan gambar dalam gulungan microfilm atau microfiche yang berisi banyak halaman dalam setiap lembar.Peralatan ini terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks microfilm.
 Audio Response Unit (ARU)
 Audio response unit berfungsi sebagai alat output yang di hasilkan computer dalam bentuk suara.
 Modem (Modulator Demodulator)
 Modem berfungsi untuk mengubah sinyal
digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Fungsi modem bukan hanya sebagai
penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat
menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai
streaming video.

REFERENSI :
http://teknik-informatika.com/teknologi-informasi
Eka Suswaini ST, MT
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/karakteristik-ram-statik-dan-ram-dinamik/
http://agussale.com/penjelasan-tentang-cache-memory/
http://id.wikipedia.org/wiki/Video_RAM
http://www.thatbest.com/fungsi-flash-ram-memories.html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar